Buku Tamu
SMS Gratis
Parse Code
Calc
Escape
Unscape



Style_1
(Background)
Style_2
(Font Colour)
Style_3
(Font Face - Font Size)

19 Feb 2012

Ramalan Watak Dan Karakter




Karakter berasal dari kata Yunani yaitu charassein, yang berarti asal coretan, atau gorasan. Kemudian berarti stempel atau gambaran yang ditinggalkan oleh stempel itu. Jadi di sini kita menganggap bahwa tingkah laku manusia adalah pencerminan dari seluruh pribadinya. Hal ini telah lama sekali dipaparkan oleh Plato, seorang ahli ilmu jiwa pada zaman Yunani kuno, ± 400 tahun sebelum Masehi. Ia adalah seorang murid Socrates, seorang ahli filsafat terbesar dizamannya.

Sebenarnya ada perbedaan-perbedaan prinsipil yang sering membingungkan. Yaitu pada pengertian :

1. Konstitusi jasmani
2. Temperamen
3. Watak


Komstitusi JasmaniKonstitusi jasmani ialah keadaan jasmani yang secara fisiologis merupakan sifat-sifat bawaan sejak lahir. Konstitusi jasmani ini berpengaruh juga pada tingkah laku seseorang, dan merupakan sifat-sifat yang khas, asli dan tidak dapat diubah. Misalnya sifat-sifat orang bertubuh langsing, tentu berbeda dengan sifat-sifat orang bertubuh gemuk dan sebagainya.

TempramenTemperamen berasal dari kata temper, yang artinya campuran. Temperamen adalah sifat-sifat seseorang yang disebabkan adanya campuran-campuran zat di dalam tubuhnya yang juga mempengaruhi tingkah laku seseorang. Jadi temperamen berarti sifat laku jiwa, dalam hubungannya dengan sifat-sifat kejasmanian.
Temperamen juga merupakan sifat-sifat yang tetap tidak dapat dididik. Temperamen menunjuk pada disposisi yang erat dengan faktor fisik biologis dan sedikit mengalami perubahan dalam perkembangan. Peranan keturunan lebih besar dibanding aspek lain dari kepribadian.
Temperamen adalah gejala karakteristik dan sifat emosi individual termasuk adalah mudah / tidaknya kena rangsangan emosi, kecepatan dan kekuatan beraksi, kwalitas kekuatan suasana hati. Gejala gejala tersebut tergantung faktor konstitusional yang berdasar dari keturunan. Contoh mudah tersinggung.

WatakWatak ialah pribadi jiwa yang menyatakan dirinya dalam segala tindakan dan pernyataan dalam hubungannya dengan Bakat. Watak juga merupakan sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku, budi pekerti, dan tabiat.
Watak diibaratkan organ tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki manusia (sifatnya cenderung konstan), sedangkan kepribadian diibaratkan pakaian yang dikenakan oleh individu tersebut (bisa berubah kapan pun, sesuai dengan lingkungan sekitar yang mempengaruhinya). Meski "kepribadian" rentan untuk berubah-ubah (karena sifatnya yang dinamis).


Sedangkan Kepribadian (personality) sering digambarkan sebagai keseluruhan kualitas kejiwaan yang diwarisi dari orang tua (leluhur) dan yang diperoleh dari hasil pembelajaran, pengaruh lingkungan dan pengalaman hidup. Erich From,seorang pakar Psikoanalisa Baru, merumuskan kepribadian sebagai berikut: "Personality is the totality of inherited and acquired psychic qualities which arecharacteristic of one individual and which make the individual unique"

Cukup banyak ragam aspek kepribadian yang diturunkan dari orang tua dan leluhur, antara lain wajah dan bentuk tubuh, kecerdasan, temperamen, bakat dan minat. Sedangkan aspek-aspek kepribadian yang diperoleh dari proses pembelajaran, pengalaman hidup dan pengaruh lingkungan lebih banyak lagi antara lain pengetahuan, hobi, keterampilan, kebiasaan, gaya hidup dan karakter.

Temperamen merupakan corak reaksi emosional seseorang terhadap berbagai rangsangan dari lingkungan dan dari dirinya sendiri. Hipokrates misalnya mengemukakan empat ragam temperamen manusia didasarkan pada cepat-lambatnya dan kuat-lemahnya pola reaksi emosional seseorang: Sanguinicus (cepat bereaksi, tetapi lemah), Melancholicus (lambat reaksinya, tetapi kuat), Cholericus (cepat dan kuat reaksinya) dan Phlegmaticus (lambat reaksinya dan lemah).

Perbedaan antara temperamen dengan karakter adalah: Temperamen erat kaitannya dengan konstitusi tubuh, sulit sekali berubah dan bersifat netral, dalam artian tidak dengan sendirinya mengandung penilaian baik dan buruk. Karakter dibentuk dari pengalaman hidup seseorang, dapat berubah dan selalu mendapat penilaian baik atau buruk, layak atau tak layak, terpuji atau tercela.

Mengapa? Karena karakter merupakan internalisasi nilai-nilai etis yang semula berasal dari lingkungan menjadi bagian kepribadiannya yang berkaitan dengan penilaian baik- buruknya sifat dan perilaku seseorang. Dengan kata lain, temperamen tidak apriori mengandung implikasi etis/moral , sedangkan karakter selalu menjadi sasaran penilaian etis/moral.

Penilaian baik dan buruk ini didasari oleh bermacam-macam nilai sosial-budaya sebagai tolok ukur. Misalnya kebahagiaan, prestasi,kemanfataan, kenikmatan, kebebasan pribadi, aktualisasi potensi dan penyesuaian diri pada lingkungan. Pribadi berkarakter kuat digambarkan sebagai pribadi bermoral tinggi yang benar-benar memahami, menghayati dan menerapkan nilai-nilai etis, mengetahui apa yang benar dan salah, bersikap jujur, lugas dan bertanggungjawab serta berusaha agar perbuatannya sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai etis/moral yang dianut.


Percaya atau tidak, watak dan karakter seseorang dapat di tafsir atau prediksi dari asal-muasal atau fakor pendukungnya, misalnya tanggal lahir, nama, warna favorite, dsb. Yang kemudian dinamakan dengan ramalan.

Untuk mengetahui watak dan karakter seseorang silahkan mencoba ramalan di bwah ini, Cekidot.



Ramalan Berdasarkan Hari



Kapan kamu lahir ?

  

Ramalan Anda Disini



Ramalan Berdasarkan Weton



Nama lengkap :
Tanggal lahir :