Buku Tamu
SMS Gratis
Parse Code
Calc
Escape
Unscape



Style_1
(Background)
Style_2
(Font Colour)
Style_3
(Font Face - Font Size)

2 Jan 2012

Quarantid Meteor Shower 2012




Di awal tahun 2012 ini, Hujan Meteor Quadrantid akan menemani kita memasuki tahun baru. Langit tidak hanya akan dihiasi oleh ratusan kembang api, tetapi langit juga akan dihiasi dengan kilauan hujan meteor.

Fenomena Hujan Meteor Quadrantid ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu mulai Tanggal 1 - 5 Januari 2012 dan puncaknya pada Tanggal 3 - 4 Januari 2012. Biasanya waktu terbaik untuk mengamati Quadrantid shower adalah setelah midnight hingga fajar yaitu Pukul 01.00 – 04.00 WIB ketika tingkat aktivitas meteor terbesar.

Para Quadrantids akan dapat cukup mengesankan dengan tingkat (ZHR) hingga 120 meteor per jam pada puncak shower (dalam kondisi sempurna) tanpa dihalangi sinar bulan dan cuaca yang cerah, bahkan kadang-kadang dapat menghasilkan rates hingga 200 meteor per jam. Namun puncak cukup sempit, hanya berlangsung beberapa jam, dengan aktivitas kedua sisi puncak yang cukup lemah.



Posisi pusat Quadrantids yaitu terletak di antara rasi bintang Bootes, Corona Borealis, Draco, Ursa Minor, dan Canes Vanatici. Untuk lebih jelasnya sobat dapat melihat Peta Sebagian Antariksa di bawah ini :


Sobat JuniOr tidak perlu teropong atau teleskop untuk melihat Quadrantids Shower. Mata telanjang biasanya yang terbaik untuk melihat meteor yang sering beruntun lebih dari 45 derajat di langit.


Khusus sobat JuniOr yang berlokasi di Asia Tenggara, jOe akan berbagi Strategi & Tips untuk menikmati meteor :
  • Carilah tempat tinggi dan lingkungan yang tingkat cahayanya rendah. Dengan demikian, jangkauan pandangan sobat akan lebih luas dan shower akan lebih terlihat jelas karna tidak terganggu oleh cahaya lainnya di sekitar.
  • Gunakan pakaian hangat, sediakan juga kopi hangat dan sedikit cemilan. Ini akan sangat berguna buat sobat yang menanti untuk menikmati shower, karna pada jam-jam tersebut suhu udara akan menjadi lebih dingin, mata akan lebih mengantuk, dan perut akan lebih terasa lapar. Terlalu lama berembun tanpa persiapan sangat tidak baik untuk kesehatan.
  • Rebahkan tubuh pada kursi malas, atau menrebahkan selimut tebal di atas tanah. Layaknya menonton televisi di rumah, tubuh yang relax akan lebih membantu untuk menikmati dan mengamati hamparan langit yang luas.
  • Menyediakan senter kecil untuk sekali-sekali melihat peta antariksa. Disela-sela waktu menunggu, mungkin akan lebih menyenangkan jika kita menebak-nebak dan mempelajari rasi bintang apa saja yang ada di langit saat ini, hingga dapat menambah pengetahuan sobat mengenai antariksa.
  • Berbaring dengan tubuh agak menghadap ke arah barat. Meteor dapat muncul di setiap bagian dari langit, meskipun jalur mereka akan cenderung kembali ke titik bercahaya yaitu di arah terbitnya matahari.
  • Jangan lewatkan "Timing" yang terbaik untuk melihat meteor. Biasanya terang bulan akan jadi penghalang untuk melihat shower, khusus sobat yang di Asia Tenggara kemungkinan bulan akan ditetapkan pada Pukul 03.00 Am, bulan akan meninggalkan langit gelap untuk beberapa jam hingga munculnya fajar, saat itulah sobat akan memiliki timing yang terbaik untuk menyaksikan taburan kebiru-biruan warna-warni meteor yang indah. 


Fenomena alam lainnya, silahkan lihat di Kalender Fenomena Alam 2012 Versi JuniOr70an.

So, jangan sampai ketinggalan.. Siip?!