Buku Tamu
SMS Gratis
Parse Code
Calc
Escape
Unscape



Style_1
(Background)
Style_2
(Font Colour)
Style_3
(Font Face - Font Size)

15 Des 2010

Tips Edit HTML Template




Niatnya sih mau mempercantik blog, namun hanya karna sedikit kesalahan dalam  penulisan  listingnya, eh ujung-ujungnya malah jadi berantakan. Dalam mengedit HTML pada template, kadang-kadang  kita mengalami kesulitan, apalagi bagi yang masih agak pemula.
Nah, ada beberapa tips sebagai antipasi buat sObat JuniOr dalam meng-edit HTML di bogger, cekidot :




1. Backup Template
Membackup template ini sangat penting sekali karena jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, misalnya  tampilan blog menjadi rusak maka sObat bisa memngembalikannya menjadi seperti semula (sebelum rusak).  Membackup template dengan cara meng-klik pada tombol "Download Full Template" lalu simpan file template tersebut di komputer sObat. Kalo terjadi kesalahan yang tidak bisa kita atasi, kita tinggal upload aja file template tersebut dari tempat penyimpanan file sObat tadi.

2. Memberi Tanda Centang pada Kotak "Expand Widget Template"
Ini yang kadang-kadang dilupakan para "editor". Kalau kotak "Expand Widget Templates" tidak dicentang maka kode-kode yang dicari kemungkinan tidak ditemukan. Tapi kadang-kadang hal ini tidak perlu dilakukan tergantung dari petunjuk tutorialnya. Makanya sObat perhatikan baik-baik tutorialnya sebelum Meng-edit HTML blog sObat.

3. Tips Mempermudah Pencarian
Untuk mempermudah pencarian kode yaitu dengan meng-copy dulu kode yang mau sObat cari kemudian tekan "Ctrl+f" lalu masukkan kode yang dicopy tadi kedalam kotak yg muncul. Kalau  kode yang sObat cari tidak muncul maka cobalah mencari sebagian dari kode tersebut, Jika sudah ketemu maka klik tombol next untuk melihat apakah ada kode lain yang sama untuk memastikan kode yang ditentukan. Tapi tips ini sepertinya sulit dilakukan jika menggunakan browser "Chrome" akan lebih mudah jika  sObat menggunakan "Mozilla Firefox".


4. Tips Menghadapi Error Yang Muncul 
Jika saat sObat menyimpan hasil editan kemudian muncul pesan error, misal seperti ini:
We were unable to save your template
Please correct the error below, and submit your template again.
Your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure.....
Maka hal yang harus sObat lakukan adalah berusaha memahami pesan error tersebut. Kemudian kita cek kembali tutorial yang kita baca, apakah langkah-langkah yang sudah sObat lakukan benea-benar sesuai dengan tutorialnya. kalau tidak yakin maka sObat bisa mengklik tombol "Clear Edit" terlebih dahulu.

kemudian mengulangi lagi tutorialnya dari awal.
Semoga Bermanfaat..