Buku Tamu
SMS Gratis
Parse Code
Calc
Escape
Unscape



Style_1
(Background)
Style_2
(Font Colour)
Style_3
(Font Face - Font Size)

3 Jan 2012

Mars Terlihat Jelas Dari Bumi





Pastinya sobat JuniOr sudah tau apa itu Planet Mars, tapi belum mengenal secara detailnya bukan?! So, Mari kita kupas disini.. Cekidot!



Planet Mars

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai "planet merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi (III) oksida di permukaan planet Mars.

Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan lapisan es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi. Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars.

Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana. Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana.

Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Planet ini mengorbit selama 687 hari dalam mengelilingi matahari. Planet ini juga berotasi. Kala rotasinya 25,62 jam.

Di planet Mars, terdapat sebuah fitur unik di daerah Cydonia Mensae. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars, walaupun pada masa kini, telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.

Rata-rata jarak Mars dari Matahari diperkirakan sekitar 230 juta km (1,5 SA) dan periode orbitalnya 687 hari (Bumi). Hari matahari (atau sol) di Mars itu sekitar 24 jam, 39 menit, dan 35,244 detik. Tahun Mars sama dengan 1,8809 tahun Bumi, atau 1 tahun, 320 hari, dan 18,2 jam.

Kemiringan sumbu Mars itu sekitar 25,19 derajat, yang mirip dengan kemiringan sumbu Bumi. Akibatnya musim di Mars mirip dengan Bumi, meskipun lamanya dua kali lipat karena tahunnya lebih lama. Saat ini orientasi kutub utara Mars dekat dengan bintang Deneb. Mars telah melewati perihelionnya pada April 2009 dan aphelionnya Maret 2010. Perihelion berikutnya dilewati pada Maret 2011 dan aphelion selanjutnya Februari 2012.


Mars punya eksentrisitas orbit sekitar 0,09; di antara tujuh planet lainnya di Tata Surya, hanya Merkurius yang menunjukkan eksentrisitas yang besar. Pada masa lalu Mars punya orbit yang lebih bundar daripada sekarang. Sekitar 1,35 juta tahun Bumi yang lalu, Mars punya eksentrisitas sekitar 0,002, yang lebih rendah dari Bumi. Siklus eksentrisitas Mars itu sekitar 96.000 tahun Bumi jika dibandingkan dengan siklus 100.000 tahun planet Bumi. Mars juga punya siklus eksentrisitas yang lebih panjang dengan periode 2,2 juta tahun Bumi. Selama 35.000 tahun terakhir orbit Mars menjadi semakin eksentrik karena pengaruh gravitasi planet lain. Jarak terdekat antara Bumi dan Mars akan terus berkurang selama 25.000 tahun berikutnya.

Pada periode oposisi, Mars berada di jarak terdekat relatifnya dengan Bumi. Jarak tersebut beragam antara 54 hingga 103 juta km karena orbit Mars yang elips. Oposisi Mars terakhir terjadi pada 29 Januari 2010, dan akan berlangsung lagi pada 3 Maret 2012 di jarak 100 juta km. Rata-rata waktu antara oposisi-oposisi Mars (periode sinodik) adalah 780 hari.


Event Tanggal 3 Maret 2012



Mars bersinar seperti bintang dengan rona kekuningan - oranye, dengan tingkat kecerahan yang bervariasi. Di tahun 2012, pagi hari dari 1 Januari - 2 Maret, malam hari dari 3 Maret - 31 Desember. Mars di awal tahun 2012 sebagai objek yang sangat cerah di dekat perbatasan antara rasi bintang Leo dan Virgo. Akan terlihat terang pada 11 Februari - 17 Maret. Mars tiba di oposisi untuk Matahari pada tanggal 3 Maret 2012, mars naik saat matahari terbenam, memuncak tinggi di selatan pada tengah malam dan terbenam ketika matahari terbit.



Pada Tanggal 3 Maret 2012, Bumi akan melewati Mars sebagai planet roda dua di sekitar matahari dalam orbitnya masing-masing. Karena Mars mencapai aphelion - titik terjauh dari matahari - pada 15 Februari. Dua hari setelah oposisi yaitu Tanggal 5 Maret 2012, Mars akan menjadi paling dekat dengan Bumi dengan jarak 62,6 juta kilometer, besarnya sekitar (-1,2), hanya sedikit redup daripada Sirius, bintang paling terang.

Bandingkan dengan oposisi Mars Agustus 2003 ketika hanya 34,6 juta mil jauhnya. Meskipun demikian, bahkan pada oposisi tersebut nyala warna - warni Mars dapat menjadi pemandangan walau hanya dengan mata telanjang.


Mengapa Mars kadang cerah dan kadang - kadang redup?

Nah, waktu yang terbaik buat sobat JuniOr untuk menikmati planet Mars Merah ketika ia bersinar cemerlang. Dengan Mars mencapai oposisi pada tanggal 3 Maret 2012, terbit di timur sekitar matahari terbenam - memuncak tinggi di langit sekitar tengah malam - dan terbenam di barat sekitar matahari terbit besok.



Fenomena alam lainnya, silahkan lihat di Kalender Fenomena Alam 2012 Versi JuniOr70an.

So, jangan sampai ketinggalan.. Siip?!